Pantai sedahan adalah pantai yang terletak di kabupaten gunung kidul, jogjakarta, pantai ini masih tergolong sepi dan baru di kenal, keadaan di pantai sedahan ini juga masih sepi tidak terlalu banyak orang, mungkin di karenakan letaknya yang cukup jauh dari jalan raya jadi kemungkinan banyak orang tidak bisa kesana dengan mudah, kita harus melwati jalan setapak yang berbatu tajam dan cukup sulit untuk di jangkau, apalagi di saat musim hujan akan lebih sulit lagi untuk mencapainya, walaupun kita harus bersusah payah untuk mecoba kesana sampai kaki lecet-lecet, sendal putus dan maslah lainya akan tidak terasa jika kita sudah sampai di lokasi pantai sedahan ini, pemadanganya yang masih sangat alami, bersih, pasir putih yang indah, dan juga di kelilingi bukit-bukit hijau yang menambah kepuasan kita terhadap pemandangan alam di pantai ini.

pantai sedahan

Tetapi sebelum itu saya akan menceritakan kisah saya waktus saya menuju ke pantai ini bersama teman-teman saya, dengan peralatan camping sayng sudah di persiapkan saya menuju ke pantai sedahan dengan motor, saat itu masih musim hujan dan jalan sudah sangat parah, becek gak ada ojek :D, jalan sangat sulit di lalui, dengan motor kami berboncengan seperti orang sedang main offroad pakai motor standar, kalau kotor tidak usah di tanya lagi, bukan lagi kotor tetapi sudah sangat kotor, mungkin kita cocok kalau di jadikan bintang iklan sabun detergen hehe, dan yang perlu sobat tahu kami datang dan sampai di tempat ini mlam hari, sekitar pukul 10 lebih kami baru mau masuk ke wilayah pantai sedahan, masuk jalan becek, setelah sampai di tempat parkir kami harus melalui jalan setapak yang cukup extreem, untuk kelas laki-laki saja sudah sampai berkeringat sangat banyak dan sangat lelah apalagi kalau cewek, itu karena kondisi hujan, capeknya melebihi naik ke puncak gunung andong * baca Gunung andong magelang, jadi saya sarankan untuk sobat yang mau ke pantai ini di usahakan pada waktu musim panas agar jalan yang di lalui tidak terlalu sulit, bahkan waktu itu kami hampir saja tidak menemukan jalan karena jalan yang waktu musim kemarai terlihat jelas pada musim hujan tidak keliatan karena tertutupi oleh genangan air hingga menjadi seperti sebuah sungai-sungai kecil, kalau sobat belum pernah ke tampat ini pada siang hari sebelumnya jangan pernah mencobanya pada malam hari karena kemungkian besar sobat tidak bisa menemukanya. kalau saya simpulkan menjadi seperti ini, menuju pantai sedahan itu jalan bisa hilang, lewat jalan yang bukan jalan, karena memang area sawah yang harus di lalui, harus muter-muter dulu untuk cari jalan yang enak, dan kesulitan lainya. tetapi waktu itu saya melihat pantai ini sedang di bangunkan jalan langsung ke bibir pantai, jadi saya tidak tahu kabar terbarunya sekarang jadi seperti apa.

Rute jalan menuju pantai sedahan Gunung kidul

Bagi teman-teman yang bukan warga jogja, dan jaraknya jauh bisa menggunakan Gps untuk menuju ke pantai sedahan ini, tetapi sebagai panduan saya ada info dari teman blogger yang akan saya tuliskan di bawah ini.

Rute Pertama, Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Gading (lapangan terbang) > Siono > Wonosari kota > jl.Baron > (sampai di mulo belok kiri ambil arah Tepus) > Bintaos > Tepus > (pertigaan ke kanan menuju indrayanti/pulangsawal ke kiri pantai siung dan Wediombo, belok kiri ambil jalur ke Wediombo) > Ndakbong > Purwodadi > (pertigaan ke kanan menuju siung, Nglambor ,njogan kalau lurus ke Wediombo, ambil jalur yang lurus ) > Balong > pertigaan Jepitu ( ambil arah kanan dengan menuju Pantai Wediombo, Jungwok, Watu Lumbung, dan pantai Sedahan ) sesudah melewati TPR sebelum sampai di Wediombo belok kiri > Pantai Sedahan.

Rute Kedua, Yogyakarta > Bantul > Parangtritis > Panggang > Saptosari > Baron > Kukup > Indrayanti > Tepus > Ndakbong > (pertigaan arah ke pantai siung ambil yang lurus ke pantai Wediombo) > Balong > pertigaan Jepitu ( ambil arah kanan menuju pantai Wediombo, Jungwok, Watu Lumbung ) sesudah TPR sebelum pantai Wediombo belok ke kiri > Pantai Sedahan.

Nb: rute kedua melalui pinggir pantai terus menerus apabila Anda ingin menjelajahi pantai di gunung kidul boleh Anda coba.

Dari Kota Solo mempunyai jarak 90km dan dapat di tempuh dengan 2jam 30menit perjalanan. Berikut Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Sedahan Gunungkidul Yogyakarta,
Surakarta > Grogol > Jl.setya darma > jl. Cuplik-telukan > Jl.cuplik-sukoharjo > jl.Anggrek > Jl. Sutowijoyo > Jl. Manyaran > jl. Pracimantoro-Wonogiri > Joho > Jl. Wonosari-Praci > Jeruk legi > Ngrancah (Puskesmas ambil arah kanan) > Pertigaan Jepitu (ambil arah kiri menuju Wediombo) sesudah TPR sebelum sampai Wediombo belok kiri > Pantai Sedahan.

Untuk perjalanan menggunakan angkutan umum
Yogyakarta (terminal giwangan) naik bus jurusan Wonosari (ongkos Rp.9.000) sesampainya di terminal Wonosari (terminal selang) naik bus jurusan Jepitu (ongkos Rp.10.000) sesampainya di Jepitu di lanjutkan dengan naik ojek (ongkos Rp. 20.000 per orang sesuai perjanjian di awal)

Sumber petunjuk jalan : Gunungkidulku.com

Sampai di pantai sedahan

pantai baru jogja

Berakit rakit di sawah berenang di pantai sedahan, ya itulah yang bisa katakan kalau main ke pantai sedahan ini, kalau sudah sampai di tempat ini kamu akan di manjakan dengan suasana pantai yang sepi seolah-olah pantai pribadhi, sepi suara ombak yang damai, gemuruhnya yang selalu menemani telinga ini sampai tidur terlelap di tenda, oh iya kamu juga bisa menggunakan hammock untuk tidur disini, pada sebelah kiri pantai ada beberapa pohon yang bisa kamu gunakan menggantungkan hammock kamu, jangan pacar melulu yang kamu gantung :v.

Di sebelah kiri pantai sedahan ini juga ada pantai Greweng, pantai ini juga tidak kalah sepinya dengan pantaii sedahan, karena letaknya juga lebih sulit untuk di capai, kita harus melewati bukit bebatuan yang tajam di kaki, dan jalanya cukup suram untuk di lalui, tapi eloknya super duper keren, saya ada fotonya nanti akan saya bagikan.

pantai jogja baru

Jangan lupa untuk tetap berhati-hati, karena tidak saya pungkiri kalau pantai ini memang cukup sulit untuk di jangkau, usahakan tidak membawa anak-anak, ibu-ibu karena pantai sedahan ini memang cocoknya bukan wisata tetapi wisata adventure, kalau ngecamp persiapkan peralatan yang cukup, bawa alat p3k, dan jangan lupa untuk tetap berdoa.

Terimakasih sudah mampir...

Posting Komentar untuk "Pantai Sedahan : Pantai sepi Gunung kidul yang masih alami dan putih || Patut di Kunjungi! ||"